18 Kesalahan dalam Bermakeup

by - April 25, 2019

Halo semua! Selamat datang di blog aku. 

Di artikel ini aku akan membeberkan sedikit kesalahan yang sering kita lakukan dalam bermakeup. Semoga kalian menjadi tahu dan informasi ini dapat membantu kalian serta share artikel ini ke seluruh social media yang kalian punya agar informasi ini juga dapat berguna bagi orang lain.

Meski terlihat simple, namun akan membuat tampilan makeup kita menjadi kurang bagus. Lalu, apa saja bentuk kesalahannya? 

1. Tidur tanpa menghapus makeup 
Tidur tanpa menghapus makeup dapat berdampak buruk bagi kulit. Saat tidur, harusnya wajah dalam keadaan bersih sehingga kulit bisa bernafas dengan lega. Jika kita masaih menggunakan makeup saat tidur artinya kita tidak memberikan kulit ruang untuk bernafas sehingga menyebabkan kulit kita tersumbat dan menimbulkan jerawat. 

2. Kasar menggosok wajah 
Menggosok wajah dengan kasar saat proses membersihkan makeup ataupun pada saat face scrubbing malah akan membuat kulit menjadi iritasi dan banyak kehilangan kelembaban. 

3. Penggunaan pelembab 
Meski jenis kulitmu kombinasi cenderung berminyak, pelembap tetaplah dibutuhkan. Pada jenis kulit kombinasi cenderung berminyak, pengaplikasian pelembap dapat membuat tekstur wajah lebih halus dan lembut sehingga dapat membuat makeup lebih menempel dan tahan lebih lama. 

4. Pengaplikasian foundation terlalu tebal 
Penggunaan foundation secara tebal sampai berlayer-layer malah akan membuat tampilan riasanmu terlihat dempul dan mudah cracked

5. Menumpuk foundation terlalu cepat 
Menumpuk foundation terlalu cepat hanya akan membuat riasan tidak akan menyatu satu dengan lainnya. Padahal sebetulnya foundation juga membutuhkan waktu untuk mengering dan meresap sempurna di wajah. 

6. Cepat mengganti produk kecantikan  
Untuk menghasilkan sesuatu yang diharapkan dibutuhkan waktu. Hal ini sama dengan mengharapkan hasil dari suatu produk kecantikan. Padahal kulit membutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan untuk menyesuaikan dengan suatu produk. 

7. Makeup free for a day 
Membiarkan kulit bebas sehari dari tumpukan makeup seharian akan memberikan waktu bagi kulit wajah untuk bernafas. Maka dari itu, berikan waktu bebas wajahmu dari makeup untuk membiarkannya bernafas lega. 

8. Penggunaan peralatan makeup yang kotor 
Tidak hanya wajah yang harus dibersihkan dari makeup, peralatan pendukungnya seperti sponge dan pun juga harus turut dibersihkan secara teratur minimal 2x seminggu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kuman dan debu yang menempel pada kuas. 

9. Makeup memiliki tanggal kadaluarsa 
Banyak pihak yang lupa kapan pertama kali mereka membeli ataupun membuka produk makeup. Bahkan ada pula yang tidak mengetahui bahwa jika setiap produk makeup memiliki masa waktu yang berbeda-beda, sebelum pada akhirnya harus dibuang karena sudah kadaluarsa. Untuk mengetahui masa kadaluarsa suatu produk makeup bisa kalian cek disini

10. Salah memilih shade foundation 
Kalian tetap harus menggunakan foundation dengan shade yang sesuai dengan warna dan undertone kulit kalian meskipun memiliki kulit wajah yang cerah menjadi salah satu tujuanya. Jika hal ini terjadi, tentu wajah kalian akan terlihat belang dan jauh berbeda dengan warna leher dan juga warna kulit bagian lainnya. Untuk menghindarinya, cobalah terlebih dahulu pelajari undertone kulit kalian dengan cara mengusapkan di bagian dagu hingga leher. Pilihan terbaik adalah warna yang hampir mendekati warna kulit leher. 

11. Tidak membaurkan eyeshadow dengan baik 
Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah saat menggunakan eyeshadow. Banyak sekali diantara kalian yang masih membaurkan eyeshadow secara tidak merata sehingga terlihat potongan warnanya sehingga membuatnya terlihat menor. Kalau ingin menggunakan eyeshadow dengan benar, gunakanlah blending brush ataupun brush yang berukuran kecil lainnya dan sapukan berkali-kali secara perlahan hingga kalian emndapat kombinasi warna sesuai dengan yang kalian inginkan. 

12. Penggunaan eyeliner bawah mata secara berlebihan
Untuk semakin menambah kesan yang lebih tajam, biasanya penggunaan eyeliner dibagian bawah mata memang diperlukan. Tetapi mengaplikasikan eyeliner gelap untuk kelopak mata juga tidak disarankan dan malah akan membuat bagian bawah membuat mata terlihat melengkung. Sebaiknya gunakan eyeliner dengan intensitas yang tidak terlalu tebal untuk menampilkan kesan natural. 

13. Penggunaan bedak yang terlalu tebal 
Penggunan bedak yang tepat tentu akan membuat make up wajah terlihat sempurna. Tapi, jika digunakan terlalu banyak, maka bedak akan menjadi masalah. Maka, hindari penggunaan bedak yang terlalu tebal khususnya di sekitar mata jika tak ingin kerutan sekitar mata semakin nampak. 

14. Pengaplikasian blush on di tempat yang salah 
Penggunaan blush on sebanrnya susah-susah gampang. Dan tujuan dari penggunaan produk ini juga sebenarnya hanya untuk memberikan kesan wajah yang sehat. Sehingga dalam pemilihan warnanya dan posisi pengaplikasiannya juga harus diperhatikan. Jangan menggunakan warna yang terlalu terang jika kulit kalian berwarna putih begitu juga sebaliknya. Biasnaya blush on hanya digunakan di tulang pipi namun ada beberapa yang menggunakannya hingga ke pipi (intensitas ketebalan warnanya juga harus diperhatikan). 

15. Salah memilih warna lipstick 
Lipstik dapat membuat riasan makeup berubah total. Kalian bisa padu padankan warnanya dengan raut wajah kalian. Jangan gunakan warna yang pucat jika hasilnya malah akan membuat wajah kalian terlihat tambah pucat. 

16. Penggunaan foundation secara langsung 
Jangan sekali-kali langsung menggunakan foundation dalam keadaan wajah yang kosong, ada baiknya jika kalian menggunakan pelembap dan tabir surya terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation. Hal ini berfungsi untuk melindungi wajah kamu dari paparan cahaya matahari dan sekaligus membantu menghidrasi kulit dari dalam. 

17. Menyimpan makeup di kamar mandi 
Mungkin tidak sedikit dari kalian yang menyimpan makeup didalam kamar mandi supaya lebih memudahkan kalian untuk berias diri. Namun ada hal yang harus kalian ingat bahwa udara kamar mandi lembap sehingga dapat membuat makeup menjadi kering lebih cepat dan juga cepat habis. Selain itu, menyimpan makeup dalam kamar mandi juga berisiko mengumpulkan bakteri berbahaya. 

18. Menggunakan makeup dengan pencahayaan yang salah
Menggunakan makeup dengan pencahayaan yang salah akan menjadi tantangan tersendiri buat kalian. Pengaplikasian makeup pada pencahayaan yang kurang akan membuat riasan wajah kamu terlihat tebal dan tentunya akan terlihat lebih menor. Untuk emnghindari hal ini lebih baik kalian memanfaatkan cahaya matahari. 

Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kalian. Terus pantengin pantengin blog aku untuk mendapatkan informasi seputar dunia kecantikan lainnya setiap minggu.

Keep show up your inner beauty, 'cause it does really matter!

Social media :
Instagram : almasmakeup14
Youtube : Alma’s Makeup
 

You May Also Like

0 comments