9 Cara Menentukan Undertone Kulit

by - April 26, 2019

Hey, hey, hey! Welcome to my blog.

Di artikel ini aku akan membahas mengenai cara menentukan undertone kulit. Semoga kalian terbantu dengan adanya artikel ini sehingga kalian bisa memilih shade produk yang sesuai dengan undertone kulit kalian dan semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini dapat menambah wawasan baru bagi kalian.

Setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda meski pada akhirnya perubahan warna kuit juga dapat dipengaruhi oleh pemakaian produk makeup dan skincare. Secara umum, dikenal 3 undertone yakni  warm tone, cool tone, dan neutral. Dengan 3 undertone itu, lalu bagaimana kita menentukan undertone yang cocok dengan warna kulit kita?

1. Reaksi Kulit setelah terkena Sinar Matahari
Coba ingat-ingat lagi saat Anda pernah terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama. Apakah kulit menjadi tan kecoklatan, atau pink kemerah-merahan? Jika jawaban Anda yang pertama, berarti Anda memiliki warm tone, dan kalau memilih jawaban kedua berarti Anda tergolong sebagai pemilik cool tone. 


2. Apa Warna Urat Nadi Anda?
Inilah pertanyaan paling dasar untuk menentukan undertone kulit. Kalau urat nadi berwarna hijau, Anda memiliki warm tone. Warna urat nadi berwarna biru berarti Anda memiliki cool tone. Dan kalau Anda sulit menentukan apakah warna urat nadi Anda tergolong hijau atau biru (warnanya seperti perpaduan hijau dan biru) maka Anda tergolong memiliki undertone kulit yang neutral. 


3. Warna Perhiasan
Dalam menggunakan perhiasan tentu tidak akan ada larangan warna emas mana yang akan kalian gunakan. Namun tahukah kamu kecocokkan dalam menggunakan perhiasan dapat membantu kita dalam menentukan undertone kulit? 

Kalian yang memiliki warm tone akan terlihat lebih cocok menggunakan perhiasan berwarna emas (dalam hal ini yang berwarna kuning), sedangkan kalian yang memiliki cool tone cocok menggunakan perhiasan berwarna silver. Sedangka kalian yang tergolong neutral undertone cocok memakai kedua warna perhiasan emas dan silver sama bagusnya.

4. Warna Baju
Cool undertone terlihat bagus dalam warna-warna seperti biru, ungu dan hijau emerald. Mereka yang memiliki kulit warm undertone akan terlihat lebih segar jika menggunakan rona seperti merah, oranye, kuning, dan hijau-olive. Jika kamu dapat mengenakan kedua tone tersebut, maka termasuk dalan undertone yang netral.

5. Kertas Putih 
Caranya adalah dengan kalian sandingkan kertas putih dengan wajah atau di area leher dan dada. Jika ada tone kuning di wajah Minasan, maka undertone kulit adalah 'warm'. Sedangkan jika muncul tone biru, maka undertone kulit adalah 'cool'

6. Bagian Belakang Telinga
Coba kalian perhatian saat sedang menghadap cermin lalu perhatikan warna kulit di bagian belakang telinga. Jika bernuansa kekuningan berarti termasuk kategori warm, sedangkan jika berwarna pink atau kemerahan berarti masuk dalam kategori cool, dan jika sangat sulit disimpulkan warna apa yang terlihat, maka kamu termasuk kategori netral.

7.  Warna Blush On
Coba kalian perhatikan blush on yang kalian gunakan. Blush on terdiri dari 2 warna dasar yakni peach (agak keorange) dan pink. Jika kulit kalian terlihat lebih segar saat menggunakan blush on berwarna peach, maka kulit kalian tergolong warm undertone. Sebaliknya jika wajah kalian terlihat segar saat menggunakan blush on berwarna pink, maka kulit kalian tergolong cool undertone. Terakhir apabila wajah kalian terlihat cocok menggunakan kedua warna dasar blush on, maka kulit kalian tergolong neutral undertone.

8. Warna Kuteks
Sama seperti cara menentukan undertone kulit melalui warna urat nadi, pemilihan warna kuteks juga memakai teknik yang sama. Jika tangan kalian terlihat segar jika memakai kuteks berwarna hijau, maka kalian tergolong kulit warm undertone. Sebaliknya jika tangan kalian terlihat lebih segar saat menggunakan kuteks berwarna biru maka kalian tergolong cool undertone. Lalu kalian tidak merasa ada perbedaan saat memakai kuteks berwarna hijau ataupun kuteks berwarna biru, maka kalian tergolong neutral undertone.

9.Warna Mata
Biasanya pemilik bola mata warna cokelat, cokelat keemasan, hijau, hazel dengan bintik keemasan, tergolong warm undertone. Sedangkan pemilik bola mata berwarna biru, serta abu-abu pekat tergolong dalam tone yang cool.

Di kulit Asia khususnya Indonesia tentunya kalian akan sangat jarang menemukan orang dengan warna mata biru maupun abu-abu ataupun warna lain diluar warna mata yang dimiliki warm undertone. Jadi, meskipun warna matanya tidak menunjukkan bahwa mereka tergolong undertone lain selain warm undertone, kalian bisa menentukan undertone kulit kalian dengan cara yang lain. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kalian serta share artikel ini ke seluruh sosial media yang kalian punya agar informasi ini juga dapat berguna bagi orang lain. Terus pantengin blog aku untuk mendapatkan informasi seputar dunia kecantikan lainnya setiap minggu.

Keep show up your inner beauty, 'cause it does really matter!

Social media :
Instagram : almasmakeup14
Youtube : Alma’s Makeup
 

You May Also Like

0 comments